by

Mapemall: Pemain Baru Dalam Persaingan E-commerce di Indonesia

Mapemall – Sementara Tokopedia masih tetap mendominasi persaingan toko online di Indonesia, dan MatahariMall milik Lippo Group baru saja dirilis, satu lagi pemain baru secara mengejutkan telah muncul demi memeriahkan perang e-commerce di Indonesia.

Mitra Adiperkasa (MAP) adalah perusahaan toko ecer di Indonesia yang mempunyai beraneka bisnis seperti department store, merk baju, alat-alat olahraga, makanan dan minuman, supermarket, hingga produk gaya hidup. MAP mempunyai sekitar 1.800 gerai ritel yang menawarkan 150 merk di kota-kota seluruh Indonesia. Perusahaan itu sekarang memiliki karyawan sekitar 23.000 orang. MAP juga mempunyai hak dagang berbagai merk global terkenal seperti Starbucks, Zara, Barbie, serta Adidas.

MAPeMall merupakan situs e-commerce milik MAP yang telah dirilis sejak awal Agustus tahun 2016 silam. Situs ini dapat dipastikan menjadi pesaing berat situs-situs raksasa e-commerce lain di negeri kita tercinta, yakni Indonesia.

“Sebenarnya, strategi kami cukup berbeda dari mereka karena merek kami sangat eksklusif,” jelas Head of E-commerce Marketing MAPeMall, Jasmina Dewi Nashya. “Kami akan memberi pengalaman belanja di MAPeMall yang sangat unik, dan kami juga akan merilis konten inspiratif yang akan membuat pengunjung mendapatkan nilai lebih dari situs ini. Selain itu, saya pikir target pelanggan kami lebih kepada kalangan menengah ke atas, sedangkan situs-situs lain lebih menargetkan sebaliknya, yaitu kalangan menengah ke bawah..”

E-commerce Dengan Klien Terbanyak Nomor Dua
Sekarang ini MAPeMall mempunyai sekitar 40 karyawan; tidak termasuk staf rekrutan dari digital agensi seperti Mirum (sebelumnya XM Gravity) dan layanan pembuat platform e-commerce yang bernama Magento. Jasmina juga menegaskan bahwa MAPeMall sudah bermitra dengan berbagai layanan logistik, dan penyedia layanan sejenis yang bernama Agility. Menurut Jasmina, lagi, kantor operasi MAPeMall bahkan bakal segera pindah ke gedung yang sama dengan aCommerce agar eksekusi dapat berjalan lebih lancar.

Informasi ini terbilang menarik karena aCommerce juga merupakan penyedia layanan logistik utama pada MatahariMall. Karena menjadi penyedia layanan logistik bagi kedua pihak yang saling bersaing, aCommerce berjanji memastikan adanya “tembok pemisah” di antara kedua belah pihak agar konflik kepentingan bisa dihindari. Jika semua rencana bisa berjalan dengan mulus, CEO aCommerce Group, Paul Srivorakul, dan CEO aCommerce Indonesia, Adrian Suherman, akan berada di posisi yang baik untuk menguasai pasar Jakarta, tidak peduli nanti siapa yang akan menjadi pemenang dalam perang e-commerce.

Menguatnya Konten Eksklusif
Jasmina menyebutkan bahwa MAPeMall berencana memberdayakan empat kategori utama: fashion, olahraga, travel, dan anak-anak. Menurutnya, fashion dan travel akan menjadi dua faktor yang merupakan daya tarik traffic terbesar di situs ini, dan perluasan penuh MAPeMall akan dilakukan dalam beberapa fase yang terpisah.

“Di tahap awal kami hanya akan mempunyai sekitar 50 merek, termasuk Lacoste, Nautica, Marks & Spencer, New Look, Samsonite, Converse, Adidas, Dr. Martin, dan lain sebagainya,” kata Jasmina. “Semua merek fashion dan travel yang bisa dilihat dalam portofolio dipastikan akan eksklusif untuk MAPeMall.”

Menurut Jasmina, tahap kedua yang akan dilakukan MAPeMall adalah memberdayakan merk seperti Pull & Bear, Bershka, dan Zara, tapi ia mengakui bahwa MAPeMall masih dalam proses negosiasi dengan Inditex yang merupakan induk dari tiga perusahaan tadi.

mapemall

Mendukung O2O
MAPeMall juga dipastikan bakal menerapkan metode online-to-offline atau O2O. Ini berarti pelanggan yang membeli secara online dapat mengambil barang pesanan mereka di salah satu department store milik MAP yang ada di seluruh pelosok Indonesia. Dalam hal ini, strategi MAPeMall mirip dengan MatahariMall, tapi cukup berbeda dengan Lazada. Jasmina mengatakan bahwa fitur itu bakal diimplementasikan saat fase kedua MAPeMall, yaitu setelah situs mendapat izin legalitas

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *